Bahaya Minum Sambil Berdiri

Kadang tanpa kita sadari, seringkali kita minum sambil berdiri. Dalam beberapa kesempatan, entah karena terburu buru atau berada di situasi yang tidak memungkinkan untuk duduk.  Namun tahukah anda bahwa minum sambil berdiri dapat memicu penyakit dan berbahaya bagi kesehatan tubuh? Sangat dianjurkan untuk membiasakan diri makan atau minum sambil duduk. Hal ini karena posisi paling aman ketika sedang minum adalah saat kita sedang duduk.

Ketika duduk sebenarnya saraf saraf tubuh dalam keadaan tenang dan siap untuk menerima air yang masuk dari berbagai jenis minuman yang berbeda. Selain karena alasan kesehatan, Posisi duduk ketika sedang minum juga sangat berhubungan dengan etika kesopanan dan sebagai gaya hidup sehat yang seharusnya ditingkatkan dalam hidup bermasyarakat.

Berikut adalah berbagai masalah tubuh yang dapat muncul akibat dari kebiasaan minum sambil berdir.

Sakit Perut

Bahaya minum sabil berdiri yang pertama adalah kita dapat mengalami sakit perut. Ketika seseorang minum sambil berdiri, maka tenggorokan mengalami penyempitan dan berkerut yang dapat mempersulit makanan untuk digiling hancur dengan lancar pada jaringan pencernaan. Kondisi ini menyebbakan rasa nyeri pada bagian perut.

Berisiko Terkena Arthritis

don't drink water while standing

Penyakit arthritis disebabkan karena terganggunya keseimbangan cairan dalam tubuh yang tersalurkan sampai bagian sendi, hal ini memicu peradangan pada sendi. Selain terjadi peradangan, arthritis menyebabkan kaku sehingga dapat terjadi pembengkakan di bagian sendi. Penyakit pada sendi seperti arthritis dapat menyulitkan penderitanya untuk bergerak secara bebas.

Terganggunya Keseimbangan Tubuh

Minum sambil berdiri dapat menyebabkan jaringan organ pada saraf pusat akan tertekan dan dipaksa untuk terus bekerja keras menstabilkan kondisi tubuh yang tanpa anda sadari dalam keadaan yang tegang. Akibatnya saraf – saraf tubuh dalam kondisi stres dan memicu munculnya disfungsi saraf.

Tertutupnya Fungsi Penyaringan pada Ginjal

Kebiasaan minum sambil duduk dapat menyebabkan filter penyaringan dalam ginjal jadi tertutup, sehingga air akan langsung mengalir menuju kandung kemih dan tidak melewati proses penyaringan terlebih dahulu dijaringan ginjal. Kondisi ini mempermudah terjadinya penumpukan berbagai kotoran dalam saluran ureter yang bisa mengakibatkan gangguan organ ginjal. Dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan permanen di ginjal.

Luka pada Lambung

Pada saat minum sambil berdiri kondisi air yang masuk kedalam lambung secara tiba tiba akan mengalir secara tidak merata dan menyebabkan makanan dalam lambung sulit untuk dicerna , hal ini dapat melukai dinding lambung dan membuat luka yang memicu seseorang mengalami peradangan lambung yang nantinya bisa meningkatkan kadar asam lambung dalam lambung.

Naiknya Asam Lambung

Jika kita sering minum pada posisi berdiri, bagian tubuh yang paling terkena dampaknya adalah bagian lambung.  Naiknya asam lambung terjadi karena tekanan air yang diminum saat berdiri mengejutkan bagian saluran (sphincter) yang menuju ke lambung. Hal ini mengakibatkan tercampurnya asam dalam lambung naik ke arah sebaliknya sehingga memberikan sensasi panas pada bagian perut.

Selain itu minum berdiri juga mengakibatkan terkikisnya dinding lambung. Padahal, lambung merupakan bagian penting dalam pencernaan sehingga ketika terjadi kerusakan pada bagian lambung dapat berbahaya bagi sistem pencernaan lainnya.

Menyebabkan Ulser dan Heartburn

Minum air sambil berdiri, air akan mengalir dan menciprat ke area kerongkongan bagian bawah dengan cukup keras. Hal ini bisa mengganggu sfingter (kumpulan serabut otot yang berbentuk seperti cincin yang bekerja untuk menutup jalur atau pembukaan alamiah pada tubuh) dan bisa menimbulkan sensasi terbakar di kerongkongan karena zat asam di perut naik ke atas.

Haus Susah Hilang

Ternyata haus bakal susah hilang kalau minum air putih sambil berdiri. Malah rasanya haus nggak hilang-hilang. Ada baiknya untuk minum sambil duduk dan menyesap air minum sedikit demi sedikit.

 

Gimana? kok bisa masalah segitu banyaknya hanya disebabkan oleh minum sambil berdiri? Itulah alasan mengapa kebiasaaan kecil dapat berdampak besar. Maka biasakanlah dengan menjalani pola hidup sehat dimulai dengan hal yang sederhana. Hindari minum sambil berdiri ya! Semoga bermanfaat!

 

Referensi :

http://halosehat.com

http://health.liputan6.com

http://www.vemale.com

 

The following two tabs change content below.

danson

USOEIS Air minum dalam kemasan yang kualitas segar dan menyehatkan!

Latest posts by danson (see all)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *